Oleh: Sekretariat RT001/022 | September 13, 2010

Indahnya Persahabatan

Kata-kata “ Persahabatan “ berasal dari kata “ sahabat “ yang berarti; teman, kawan, karib artinya, “persahabatan” kurang lebih adalah berteman atau berkawan.
Agar persahabatan kita terjalin dengan baik maka perlu kita perhatikan beberapa hal sbb :

1. Adanya saling pengertian satu sama lain.
2. Adanya saling menghormati.
3. Adanya saling menghargai.
4. Adanya saling mencintai.
5. Adanya saling gotong royong dan tolong menolong.

1.1 Adanya saling pengertian satu sama lain adalah : saling mengerti perasaan, karakter dan tingkah lakunya sehingga kita bisa menjaga perasaannya agar tidak tersinggung atau menyinggung. Terkadang kita tidak sadari bahwa seseorang mencari kebenaran dalam bertindak sering memanfaatkan kata-kata “karakter / karakteristik” atau sifat pada diri seseorang, contoh seseorang mengatakan “ habis gimana ya orang sudah karakternya “ kata-kata tersebut sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, sekolah, kantor bahkan di masyarakat. Bahkan ada beberapa orang mengatakan karakter / sifat pada diri seseroang tidak dapat dirubah. Memang ada betulnya akan tetapi tidak semua sifat / karakter itu tidak bisa dirubah, karena dalam diri manusia ada suatu proteksi yang bisa dipakai sebagai barometer / ukuran dalam kita bertindak / berbicara yaitu “ akal”.
1.2 Adanya saling menghormati adalah : kita harus menghormati mereka dalam hal; hak dan kewajiban serta pandangan mereka yang mungkin bersebarangan dengan kita agar tidak terjadi kesalah pahaman yang ber ujung dengan saling bermusuhan sehingga akan terjadi perpecahan dalam menjalin persahabatan.
1.3 Adanya saling menghargai adalah: kita tentu saja harus bisa menghargai apa yang telah menjadi pendapat meraka, pandangan, dan keyakinan mereka sejauh masih dalam konteks yang wajar dan tidak memaksakan kehendak dari kedua belah pihak.
1.4 Adanya saling mencintai adalah: sudah menjadi suatu kodrat seorang manusia untuk bisa saling mencintai sesama, agar tercipta suatu perdamaian di muka bumi ini walaupun kita berbeda warna kulit, suku, bahasa, dan agama / kepercayaan.
1.5 Adanya saling gotong-royong dan tolong-menolong adalah: secara hirarki manusia itu adalah mahkluk sosial artinya seseorang tidak akan bisa hidup tanpa berdampingan dan bantuan orang lain. Maka dari itu bukanlah hal yang susah untuk dilakukan bila kita menyadari bahwa kita akan selalu butuh batuan dan pertolongan orang lain untuk segala hal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk mencapai suatu tujuan mulia yang tentu saja akan menguntungkan kedua belah pihak tanpa suatu pemaksaan atau keterpaksaan.

Semoga bermafaat bagi siapa saja artikel saya yang sangat sederhana ini dengan tujuan bisa mudah untuk di fahami dan dipelajari sebagai bekal hudup bermasyarakat.
Kritik dan saran sliahkan dilayangkan ke : Email [ sutrisno4444@ymail.com} / [ http://www.triscamblogspot.com ]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: